Hilangkan Istilah "Drop Out" Menurut Pakar Pendidikan




Les Privat bpUI— Dunia pendidikan sebaiknya menghilangkan istilah drop out bagi siswa yang tidak berhasil di sekolah. Istilah itu dianggap menyalahkan siswa yang tidak mampu mengikuti proses belajar-mengajar daripada sistem pembelajaran yang digunakan.
"Anak-anak biasanya tidak dengan sukarela ingin drop out dari sekolah. Mereka sering kali 'didorong' keluar oleh sekolah dan sistem pendidikan yang belum menyesuaikan diri dengan kebutuhan individu peserta didik mereka," kata mantan Direktur Pendidikan Biro Asia Pasifik UNESCO Sheldon Shaeffer, pada Konferensi Guru Nasional 2011, di Jakarta, Rabu (26/10/2011).
Padahal, menurut Shaeffer, kegagalan siswa belum tentu karena kesalahan yang ada pada siswa yang bersangkutan. Ia mengungkapkan, staf pengajar harus merasa bertanggung jawab atas segala kegagalan siswa dan mampu mengidentifikasi hambatan pada sekolah dan proses belajar-mengajar yang ditemukan di dalam sekolah.
Kebijakan terbaru tentang pendidikan, sertifikasi, dan remunerasi guru diharapkan bisa membuat guru lebih termotivasi dan lebih profesional untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Untuk membantu memastikan hal tersebut terjadi, para pemimpin sekolah harus membantu guru-guru mereka mengembangkan potensi penuh mereka.
Selain menyiapkan sistem pembelajaran yang baik, Shaeffer juga mengatakan, calon siswa juga harus dibuat siap untuk menjalani pendidikan di sekolah. Sebagai perkembangan awal masa kanak-kanak dan program pendidikan, orangtua harus meningkatakan gizi anak, kesehatan, dan perkembangan kognitif yang penting bagi kesejahteraan anak untuk mempersiapkan anak untuk sekolah.
Oleh karena itu, Shaeffer mengimbau orangtua untuk mendaftarkan anak-anak mereka di pusat pendidikan anak usia dini (PAUD) dan taman kanak-kanak dan jangan langsung memasukkan mereka ke tingkat SD.
"Pastikan juga TK berbasis pada anak dan berbasis pada masa bermain, bukan berforkus pada prestasi akademik," kata Shaeffer.
Les Privat bpUI/Les Private SD SMP SMA/Intensif UAN & SNMPT/Supercamp SIMAK UI