LES BAHASA JERMAN

Pentingnya Bahasa Jerman
  • Bahasa Jerman adalah bahasa yang penting dalam komunikasi internasional. Lebih dari 101 juta orang di dunia berbahasa Jerman, sekitar 20 juta orang di seluruh dunia mempelajari bahasa Jerman. Di Eropa bahasa Jerman merupakan bahasa ibu bagi 100 juta orang, tidak hanya di Jerman, tetapi juga di Austria, Swiss, Luxemburg dan Liechtenstein. Hal ini menempatkan bahasa Jerman di antara 12 bahasa paling umum dipakai di dunia: 2,1% dari populasi dunia. Di Eropa bahasa Jerman adalah bahasa ibu yang paling luas digunakan.
  • Bahasa Jerman adalah bahasa yang penting untuk perdagangan. Jerman adalah negara pengekspor utama di dunia. Jerman memiliki ekonomi yang kuat dan partner industri dan perdagangan paling penting bagi Indonesia di Uni Eropa. Dalam 10 tahun terakhir, bahasa Jerman menjadi linguafranca regional di negara-negara Eropa Tengah dan Timur. Karena kemampuan lintas budaya merupakan kualifikasi kunci untuk bisnis yang sukses saat ini, kecakapan bahasa Jerman membantu Anda membuka pasar baru dan menjadi sukses di bisnis global dan di pasar tenaga kerja internasional.
  • Bahasa Jerman menempati kedudukan kuat dalam pengetahuan dan sastra. Jerman sebagai bahasa pengetahuan dan teknologi memainkan peran penting dalam penelitian dan pendidikan. Di abad 19 bahasa Jerman sebagai bahasa pengetahuan dan sastra menduduki posisi penting di dunia, lebih penting dari bahasa Perancis dan dalam hal tertentu bahasa Inggris. Saat ini bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang dominan untuk pengetahuan dan sastra. Namun dalam jaringan kerjasama internasional dan lintas disiplin di tingkat global bahasa Jerman masih banyak dipakai. Masyarakat Jerman modern mendasarkan diri pada pengetahuan: pengetahuan dan penelitian menempati kedudukan kuat dalam kehidupan umum di Jerman.
  • Bahasa Jerman sebagai bahasa kebudayaan membuka wawasan intelektual. Kebudayaan Jerman mewujudkan diri dalam berbagai bentuk: dari sastra dan musik, teater dan film hingga ke arsitektur, lukisan, filosofi dan seni. Pengetahuan bahasa Jerman memungkinkan Anda mengenal satu dari kebudayaan besar Eropa dalam bentuk aslinya. Di dunia sastra - Goethe, Schiller, Kafka, Grass -, dunia musik - Bach, Mozart, Beethoven, Wagner -, filosofi - Luther, Kant, Schopenhauer, Nietzsche -, atau psikologi -Freud, Adler, Jung - atau juga dunia penelitian dan pengetahuan - Kepler, Einstein, Röntgen, Planck - bahasa Jerman adalah bahasa bagi pikiran besar.
  • Bahasa Jerman membuka pintu ke perkuliahan di universitas Jerman. Meskipun kuliah internasional di universitas Jerman memungkinkan Anda studi di Jerman tanpa pengetahuan bahasa Jerman, penguasaan bahasa Jerman tentu saja menguntungkan jika Anda ingin studi di sana. Jika kuliah internasional tidak tersedia, Anda harus membuktikan bahwa Anda memiliki kemampuan bahasa Jerman yang memadai sebelum memulai kuliah. Oleh karena itu, penguasaan bahasa memberikan pilihan kuliah lebih luas.
  • Bahasa Jerman meningkatkan kesempatan Anda mendapatkan pekerjaan. Perusahaan Jerman di Indonesia dan perusahaan asing di Jerman mencari ahli dengan pengetahuan bahasa Jerman. Di Uni Eropa terdapat kesempatan pelatihan, studi dan pekerjaan yang menarik bagi para ahli dengan pengetahuan bahasa Jerman.
  • Bahasa Jerman penting untuk bidang pariwisata. Indonesia adalah tujuan wisata populer. Banyak turis dari Jerman, Austria dan Swiss berpergian ke Indonesia. Bagi mereka yang bekerja di industri pariwisata, kemampuan bahasa Jerman merupakan investasi yang bagus
  •  

    Metode Pengajaran Bahasa Jerman

    Percakapan. Sejak dari awal, kelas akan dimulai dengan berbahasa Jerman. Seluruh kelas diajak untuk berbicara bahasa Jerman. Satu-satunya cara agar dapat berbahasa Jerman adalah berbicara dalam bahasa tersebut. Kesalahan-kesalahan gramatika yang terjadi adalah bagian dari proses belajar. Yang paling penting dalam proses belajar adalah berani berbicara sekalipun salah. Agar mampu berbicara dengan baik, para pengajar akan berusaha semaksimal mungkin menjelaskan pelajaran dalam bahasa Jerman yang sederhana dan dalam penuturan yang dapat ditangkap oleh siswa. Selain itu bantuan metode interaktif, permainan, audio dan kaset akan membuat suasana kelas seakan-akan sedang bermain.
    Mengindarkan berbicara bahasa lain (Indonesia atau Inggris) selain Jerman, adalah salah satu cara untuk membiasakan diri berada dalam dunia bahasa tersebut. Tentu saja bahasa Indonesia maupun Inggris akan digunakan bila ditemukan kendala di dalam proses belajar mengajar tersebut.

    Buku

    Buku yang digunakan adalah buku dalam berbahasa Jerman yang digunakan secara internasional dalam kelas-kelas bahasa Jerman di negara lain. Buku tersebut akan dilengkapi oleh CD. Selain buku peganggan utama, juga terdapat material tambahan seperti video yang tentu saja akan sangat membantu proses belajar. Anda dapat mendownload e-book belajar bahasa Jerman Dasar. (klik)

    Kebudayaan

    Selain belajar bahasa, di dalam kelas baik secara langsung dan tidak langsung akan diperkenalkan mengenai kebudayaan negara-negara yang menggunakan bahasa Jerman. Selain pengetahaun bahasa bertambah, pengetahuan sosial dan budaya negara Jerman dan Amerika Latin (Argentina, Peru, Mexico, etc) akan bertambah.

    Guru


    Para guru adalah tenaga berpengalaman dalam bidang pengajaran bahasa Jerman dan menguasai bahasa Jerman karena telah mempelajarinya dan pernah tinggal di salah satu (atau lebih) negara yang berbahasa Jerman.

    Ujian


    Pendekatan kecakaan global menjadi penilaian akhir. Untuk itu ujian dilakukan dalam lima bentuk: mendengar, menulis, gramatika, membaca dan percakapan. Semua aspek ini akan mendapat penilaian masing-masing. Dengan demikian akan diperoleh sebuah kesimpulan global dari kemampuan siswa.



    Komunitas


    Mengingat sebuah bahasa akan cepat terlupakan, maka sejak 4 tahun lalu telah terbentuk komunitas pencinta bahasa Jerman di Indonesia. Kita belajar bahasa Jerman karena kita menyukainya dan ingin mempraktekkannya. Sembari belajar kita akhirnya mendapat tambahan teman yang dapat membantu proses belajar bahasa tersebut. RTC Club adalah nama komunitasnya. Untuk mengikuti pelajaran bahasa Jerman setiap hari di FB . Ini komunitas belajar bahasa Jerman paling aktif ditambah members dari negara yang berbahasa Jerman yang ingin belajar bahasa Indonesia. Video pelajaran dapat anda download di youtube : belajar bahasa Jerman.

 Berikut ini adalah daftar personalpronomen di dalam bahasa Jerman :

ich Saya
du kamu
er Dia laki-laki (bisa benda atau seorang laki-laki)
sie Dia perempuan (bisa benda atau seorang laki-laki)
es Dia (bisa benda atau seorang bayi)
wir Kami
ihr Kalian
Sie Anda
sie Mereka

Yang penting dan perlu diingat adalah bahasa Jerman merupakan ‘bahasa case sensitive’ yang berarti membedakan huruf besar dan huruf kecil. Itu berarti jika kita bermaksud menuliskan ‘Anda’ maka yang digunakan adalah kata ‘Sie’ (huruf ‘S’ harus merupakan huruf capital).

Belajar Membuat Kalimat
Di dalam sebuah kalimat harus memiliki minimal Subjek dan Verb. Personalpronomen yang baru saja saya tuliskan merupakan Subjek sedangkan Verb bisa berupa to be atau kata kerja.

Di dalam bahasa Indonesia, tidak kita kenal istilah to be namun di dalam bahasa Inggris dikenal istilah to be dan saya yakin kebanyakan dari kita sudah pernah tahu. Contoh to be di dalam bahasa Inggris adalah am, are, is.

Setiap personalpronomen memiliki to be. Di dalam bahasa Jerman, istilah to be disebut sein. Berikut ini adalah daftarnya :

ich bin
du bist
er/sie/es ist
wir sind
ihr seid
Sie sind
sie sind

Contoh Kalimat

Saya adalah Victor Papilaya
ich bin Victor Papilaya
Dia (perempuan) adalah Yenny Papilaya
sie ist Yenny Papilaya
Dia (laki-laki) adalah Braveheart Papilaya
er ist Braveheart Papilaya
Mereka adalah tamu kami
Sie sind unser Gast
Dia (perempuan) adalah pacar saya
sie ist meine Freundin
Dia (perempuan) adalah teman saya
sie ist eine Freundin

Dia (laki-laki) adalah teman saya
er ist ein Freund
Dia adalah ibu saya
sie ist meine Mutter
Dia adalah ayah saya
er ist mein Vater
Saya dan dia (laki-laki) adalah teman kerja/sejawat
ich und er sind Kollegen
Kami adalah teman kerja/sejawat
wir sind kollegen

Dia (laki-laki) adalah teman kerja/sejawat saya
er ist mein Kollege
Dia (perempuan) adalah teman kerja/sejawat saya
sie ist meine Kollegin
Dari contoh di atas, yang perlu diperhatikan adalah di dalam setiap kalimat pasti terdapat Sebuah Subjek dan Verb.

Kesalahan Yang Tidak Disadari
Di dalam bahasa Indonesia, sangat sering kita menggunakan kalimat ini :

Saya Victor Papilaya

Kalimat tersebut kalau kita terjemahkan ke langsung ke dalam bahasa Jerman akan menjadi seperti ini :

ich Victor Papilaya (Ingat ini kalimat yang salah, karena belum ada verb)

Untuk menjadi kalimat sempurna, tambahkan sein (verb) dari ich

Ich bin Victor Papilaya