Tak Fasih Bahasanya? Jangan Takut Belajar ke Perancis! Belajar Bahasanya Di RTC Internasional...Aja !


RTC Internasional- Ketika ingin melanjutkan studi di luar negeri, kemampuan berbahasa sesuai dengan negara yang dituju memang sangat diperlukan. Begitu pula saat berniat merampungkan jenjang pendidikan di Perancis, maka mahasiswa yang bersangkutan dituntut harus bisa berbahasa Perancis.

Namun bagi yang masih belum lancar berbahasa Perancis tidak perlu khawatir karena banyak universitas yang kini membuka program studi dalam bahasa Inggris bagi mahasiswa asing. Umumnya, yang memiliki program bahasa Inggris ini adalah sekolah-sekolah khusus yang disebut Grandes Ecoles.

Perwakilan dari CampusFrance, Anton Hilman, mengatakan bahwa Grandes Ecoles biasanya fokus pada subyek-subyek tertentu seperti misalnya bisnis, teknik, komunikasi bahkan hingga fesyen. Di institusi ini, siswa dididik untuk memperdalam pengetahuan dengan berbagai praktek dan dituntut memiliki pengalaman mengaplikasikan ilmunya.

"Kalau untuk universitas negeri, sekarang sedang gencar menawarkan program internasional. Jadi tentu saja program bahasa Inggris juga dimasukkan. Tapi biasanya yang pasti ada, ya Grandes Ecoles ini," kata Anton kepada Kompas.com, Kamis (8/11/2012).

"Kalau komposisi perbandingannya antara program berbahasa Perancis dengan yang berbahasa Inggris ya sekitar 60 persen dan 40 persen," imbuh Anton.

Kendati demikian, bukan berarti siswa tidak perlu sama sekali belajar bahasa Perancis. Kemampuan berbahasa Perancis tetap diperlukan karena fungsinya untuk bersosialisasi dalam kehidupan sehari-hari dan juga akan memudahkan mahasiswa asing mencari kerja paruh waktu atau melakukan tugas praktik seperti magang di sebuah perusahaan.

Untuk itu, ia mengatakan bahwa sebelum berangkat atau mendaftar ke Perancis sebaiknya luangkan waktu untuk mengasah kemampuan bahasa dengan mengikuti kursus intensif yang memang dibuka oleh Institut Francais Indonesie (IFI) baik yang ada di Jalan Salemba maupun Jalan Wijaya.

Beberapa tahun lalu, Pemerintah Perancis memang memiliki program pendidikan bahasa Perancis bagi siswa yang akan berangkat menyelesaikan studi di negara tempat Menara Eiffel berada itu melalui beasiswa BGF. Namun saat beasiswa tersebut kini menjadi bentuk kerja sama antara Pemerintah Perancis dan Pemerintah Indonesia, kursus pelatihan bahasa tersebut sudah diubah.

"Tapi untuk memulai belajar bahasa Perancis bisa datang langsung ke IFI agar mendapat informasi yang jelas," tandasnya.