LES BAHASA KOREA


Penyelenggara les bahasa  Korea terdepan dunia

RTC internasional telah berkiprah di bidang pengadaan les bahasa Korea sejak 5 tahun yang lalu, tepatnya tahun 2007. Meski demikian, RTC internasional tidak hanya unggul dari segi pengalaman, tetapi juga dari segi sumber daya.

Hingga saat ini, RTC internasional merupakan satu-satunya tempat les bahasa Korea di dunia yang memiliki tim peneliti dan pengembang akademik sendiri untuk mengembangkan program dan materi les bahasa Internasional yang eksklusif. Di samping itu, RTC internasional juga merupakan satu-satunya tempat les bahasa di Indonesia yang memiliki pusat pelatihan guru sendiri di Universitas Indonesia

Tempat les bahasa Korea paling modern di Indonesia

 RTC internasional berinvestasi sebesar-besarnya untuk memberikan kenyamanan optimal bagi para siswa. Dilengkapi dengan teknologi terbaru, perabotan fungsional dan beragam fasilitas canggih, tempat les RTC internasional sangat sesuai dengan tuntutan gaya hidup siswa dewasa dan siswa muda yang dinamis dan penuh energi. Di Indonesia sendiri, RTC internasional merupakan tempat les bahasa dengan desain paling attraktif dan fasilitas terlengkap - termasuk di antaranya adalah WiFi zone dan internet corner gratis, TV plasma, lab multimedia interaktif dan masih banyak lagi yang lainnya.

Metode les bahasa Korea yang efektif

Sistem pembelajaran di tempat les bahasa RTC internasional menggabungkan tiga komponen, yaitu les tatap muka, iLAB dan Life Club. Guru penutur asli mengasah ketrampilan berbicara dan pelafalan di dalam kelas. Selain itu, pembelajaran Anda juga didukung tutorial online iLAB. Dengan iLAB, Anda dapat belajar bahasa  secara online sebanyak Anda suka, kapan saja, di mana saja, bahkan dari rumah dan di luar jam les Anda sekalipun.

Tak hanya itu, kegiatan seru Life Club seperti klub penggemar kopi, karyawisata, nonton bareng, klub olahraga dan pesta hari raya, juga menjadi bagian dari kurikulum les RTC internasional Life Club dipandu oleh guru penutur asli dan merupakan kesempatan sempurna bagi Anda untuk bersosialisasi dan mempraktekkan bahasa Korea Anda di situasi kehidupan nyata dan tanpa tekanan.

Temukan program les bahasa Korea yang sesuai untuk Anda:
- Anak-anak
- Remaja
- Dewasa
- Perusahaan

Huruf Hangeul :

Di post ini saya ingin memperkenalkan 5 divisi dari huruf hangeul. Huruf hangeul terdiri dari : (1) Huruf vokal dasar ; (2) Huruf Vokal Gabungan ; (3) Huruf Konsonan Dasar ; (4) Huruf Konsonan Gabungan ; (5) Huruf Konsonan Double. Mari kita pelajari!
(1) Huruf vokal dasar
Ada 10 huruf vokal dasar, yaitu :
A. ㅏ (a)
B. ㅓ (eo) —> dibaca ‘o’
C. ㅗ (o) —> dibaca ‘ou’
D. ㅜ (u)
E. ㅡ (eu) —> dibaca ‘e’ (seperti Anda mengatakan ‘e’ di PELAJARAN )
F. ㅣ (i)
G. ㅑ (ya)
H. ㅕ (yeo) –> dibaca ‘yo’
I. ㅛ (yo) –> dibaca ‘yo-u’

J. ㅠ (yu)
(2) Huruf Vokal Gabungan
A. ㅐ (ae) —> dibaca ‘e’ tapi bukalah mulut Anda dengan lebar seperti Anda mengatakan ‘ PARE ‘

B. ㅒ (yae) —-> dibaca ‘ye’ tapi bukalah mulut Anda dengan lebar C. ㅔ (e) —> dibaca ‘e’, tapi Anda tidak usah membuka mulut terlalu lebar
D. ㅖ (ye) —> dibaca ‘ye’, tapi Anda tidak usah membuka mulut terlalu lebar
E. ㅘ (wa )
F. ㅙ (wae) —> dibaca ‘we’, tapi bukalah mulut Anda dengan lebar seperti mengatakan huruf ‘ W ‘ dalam bahasa Indonesia
G. ㅚ (oe) —> dibaca ‘ wei ‘
H. ㅝ (weo) —> dibaca ‘ wo ‘
I. ㅞ (we) —? dibaca ‘ we ‘, tapi Anda tidak usah membuka mulut terlalu lebar
J. ㅟ (wi)
K. ㅢ (ei).

(3) Huruf Konsonan Dasar
1. ㄱ (g/k) 2. ㄴ (n)
3. ㄷ (d/t)
4. ㄹ (l/r)
5. ㅁ (m)
6. ㅂ (b/p)
7. ㅅ (s/t)
8. ㅇ (-/ng)
9. ㅈ (j)
(4) Huruf Konsonan Spesial 1. ㅊ (ch)
2. ㅋ (kh)
3. ㅌ (th)
4.ㅍ (ph)
5. ㅎ (h).
(5) Huruf Konsonan Double
1. ㄲ (kk)
2. ㄸ (tt)
3. ㅃ (pp)
4. ㅆ (ss)
5. ㅉ (jj).
Itulah huruf - huruf Hangeul Korea. Memang tidak terlalu sulit dalam cara penulisannya, namun jika kita tidak hafal, maka sulit untuk kita membaca kalimat dalam bahasa Korea. Cara penulisannya juga unik. Penulisan kalimat dalam Bahasa Korea seperti menulis huruf aksara Jawa yang bertumpuk-tumpuk.
Contoh :
Bila kita ingin menuliskan ‘ Annyeong ‘, artinya Halo, begini cara penulisannya :
ㅇ + ㅏ + ㄴ + ㄴ + ㅕ + ㅇ = 안녕
안 = AN
녕 = NYEONG
Jika huruf awal kata adalah VOKAL, maka kita harus menulis huruf ‘ ㅇ ‘ sebelum huruf vokal itu. Jika tidak ada huruf  ’ ㅇ ‘ di depan huruf awal kata yang vokal, maka huruf itu tidak bisa dibaca.
Namun jika huruf awal kata adalah konsonan lalu diikuti dengan huruf vokal, maka huruf ‘ ㅇ ‘ tidak dipergunakan lagi di depan huruf vokal.
Contoh :
Bila kita ingin menuliskan kata ‘ GA ‘ , artinya Pergi, maka perinciannya :
ㄱ + ㅏ = 가
Bagaimana ? Merasa kesulitan ? Atau malah merasa tertantang belajar bahasa Korea ? Kalau iya, coba ubah kalimat ini dalam tulisan Hangeul :
KOMPASIANA SARANGHAEYO
안녕히 곘에요 ^^