LES BAHASA PRANCIS

Pentingnya Belajar bahasa perancis, Bahasa Perancis bagi saya adalah hal yang menyenangkan dan merupakan hobby.  Dulu pada waktu saya sekolah, bahasa asing hanya diajarkan pada saat memasuki bangku SMP, maklum dulu saya sekolah di sekolah negeri.  Pertama kali saya mempelajari bahasa Perancis adalah saat saya duduk dibangku Sekolah Menengah Kejuruan (Pariwisata) dan sejak saat itu saya sudah jatuh cinta dengan bahasa yang terdengar sangat seksi ini dan mempelajari bahasa Perancis telah menjadi candu buat saya.   Tahukah kamu kenapa mempelajari bahasa Perancis sangat penting sekarang ini?  Saya akan jabarkan beberapa alasan pentingnya  mempelajari bahasa Perancis:
Pentingnya Belajar Perancis Di Usia Dini. Sepertinya tidak penting juga yah mempelajari bahasa perancis, karena bahasa perancis bukan bahasa yang sering di gunakan di indonesia. Tapi saya merasakan banyak hal yang sangat memberikan keuntungan di dalam di hidup saya karena belajar bahasa perancis. Lebih di senangi banyak teman, karena bahasa perancis memiliki sebuah keunikan dalam pengucapan bahasa perancis.
  1. Bahasa Perancis merupakan bahasa internasional ke-2 setelah bahasa Inggris.
  2. Bahasa Perancis merupakan bahasa resmi yang digunakan oleh PBB, Palang Merah Internasional, Ekonomi Uni Eropa, NATO, kepanitiaan Olympic Internasional dan beberapa organisasi dunia lainnya.
  3. Bahasa Perancis merupakan bahasa nasional resmi negara Perancis, Luxembourg, Haiti dan lebih dari 15 negara-negara Afrika.
  4. Pada abad ke 17-19, bahasa Perancis merupakan bahasa internasional paling utama.
  5. Bahasa Perancis pernah menjadi bahasa resmi di Inggris sejak tahun 1066 dan selama 600 tahun berikutnya.
  6. Bahasa Perancis merupakan bahasa resmi ke-2 bagi Belgia, Swiss, Kanada, Maroko, Tunisia, dll.
  7. Bahasa Perancis berasal dari bahasa romantis bahasa latin.
  8. Bahasa Perancis sangat penting untuk peningkatan karir kamu.  Hal ini sudah saya buktikan sendiri. Bisa bekerja di perusahaan asing dengan gaji belasan bahkan mencapai puluhan juta Rupiah per bulan karena saya bisa bicara bahasa Perancis.
Jika memang bahasa perancis ini penting untuk kamu, kamu bisa mencoba untuk menjawab beberapa contoh soal dalam bahasa perancis.




RTC internasional-Bahasa Prancis adalah bahasa yang dipakai oleh lebih dari 20 negara sebagai bahasa resmi dengan jumlah pengguna lebih dari 400 juta orang. Bahkan di Amerika Serikat bahasa Prancis telah menjadi bahasa kedua. Secara ekonomi jumlah ini adalah sebuah pasar yang menjajikan bagi mereka yang tertarik dalam dunia bisnis, dan dari sisi kebudayaan tentu saja ini adalah sebuah kekayaan warna-warni yang meriah, di mana bahasa adalah pintu masuk yang paling akurat.
Dari sturktur bahasa , bahasa Prancis tergolong bahasa yang lebih mudah diucapkan oleh lidah orang Indonesia karena penulisan dan pengucapan kurang lebih sama. Dan kemampuan yang baik dalam bahasa Prancis memberi kemudahan untuk mempelajari bahasa Latin yang serumpun seperti Italia, Portugis atau Jerman

Metode Pengajaran

Percakapan. Sejak dari awal, kelas akan dimulai dengan berbahasa Prancis. Seluruh kelas diajak untuk berbicara bahasa Prancis. Satu-satunya cara agar dapat berbahasa Prancis adalah berbicara dalam bahasa tersebut. Kesalahan-kesalahan gramatika yang terjadi adalah bagian dari proses belajar. Yang paling penting dalam proses belajar adalah berani berbicara sekalipun salah. Agar mampu berbicara dengan baik, para pengajar akan berusaha semaksimal mungkin menjelaskan pelajaran dalam bahasa Prancis yang sederhana dan dalam penuturan yang dapat ditangkap oleh siswa. Selain itu bantuan metode interaktif, permainan, audio dan kaset akan membuat suasana kelas seakan-akan sedang bermain.
Mengindarkan berbicara bahasa lain (Indonesia atau Inggris) selain Prancis, adalah salah satu cara untuk membiasakan diri berada dalam dunia bahasa tersebut. Tentu saja bahasa Indonesia maupun Inggris akan digunakan bila ditemukan kendala di dalam proses belajar mengajar tersebut.

Buku

Buku yang digunakan adalah buku dalam berbahasa Prancis yang digunakan secara internasional dalam kelas-kelas bahasa Ptancis di negara lain. Buku tersebut akan dilengkapi oleh CD. Selain buku peganggan utama, juga terdapat material tambahan seperti video yang tentu saja akan sangat membantu proses belajar. Anda dapat mendownload e-book belajar bahasa Prancis Dasar. (klik)

Kebudayaan

Selain belajar bahasa, di dalam kelas baik secara langsung dan tidak langsung akan diperkenalkan mengenai kebudayaan negara-negara yang menggunakan bahasa Prancis. Selain pengetahaun bahasa bertambah, pengetahuan sosial dan budaya negara Prancis dan Amerika Latin (Argentina, Peru, Mexico, etc) akan bertambah.

Guru


Para guru adalah tenaga berpengalaman dalam bidang pengajaran bahasa Prancis dan menguasai bahasa Prancis karena telah mempelajarinya dan pernah tinggal di salah satu (atau lebih) negara yang berbahasa Prancis.

Ujian


Pendekatan kecakaan global menjadi penilaian akhir. Untuk itu ujian dilakukan dalam lima bentuk: mendengar, menulis, gramatika, membaca dan percakapan. Semua aspek ini akan mendapat penilaian masing-masing. Dengan demikian akan diperoleh sebuah kesimpulan global dari kemampuan siswa.



Komunitas


Mengingat sebuah bahasa akan cepat terlupakan, maka sejak 4 tahun lalu telah terbentuk komunitas pencinta bahasa Prancis di Indonesia. Kita belajar bahasa Prancis karena kita menyukainya dan ingin mempraktekkannya. Sembari belajar kita akhirnya mendapat tambahan teman yang dapat membantu proses belajar bahasa tersebut. RTC Club adalah nama komunitasnya. Untuk mengikuti pelajaran bahasa Prancis setiap hari di FB . Ini komunitas belajar bahasa Prancis paling aktif ditambah members dari negara yang berbahasa Prancis yang ingin belajar bahasa Indonesia. Video pelajaran dapat anda download di youtube : belajar bahasa Prancis.



Beberapa Kata Bahasa Prancis Sehari-hari

Bonjour – Selamat Sejahtera / Selamat Pagi
Bon journee – Semoga hari adalah hari terbaik buat kamu
Bon apres-midi – Selamat tengah haru …… Eh, tengah hari :)
Bonsoir – Selamat petang
Bon soiree – Semoga hari adalah hari terbaik buat kamu
Bonne nuit – Selamat malam
Salut ! – Hai
Allo ! – Hello
Bon appetit – Selamat menjamu selera
Bon anniversaire – Selamat Har Lahir
Bon voyage – Selamat jalan
Merci – Terima kasih
Merci beaucoup – Terima kasih banyak-banyak
Pardon – Minta maaf
Oui – Ya
Non – Tidak
Dako – OK